Arsip

2017

Vol 34, No 1 (2017)

Prakata

 

Redaktur Jurnal Jalan-Jembatan menyampaikan selamat bertemu kembali dalam edisi Januari-Juni 2017, yang merupakan edisi pertama dari Volume 34 tahun 2017. Pada terbitan ini, disampaikan enam karya tulis ilmiah dengan susunan tulisan, kesatu dan kedua berkaitan dengan masalah perkerasan jalan, ketiga berkaitan dengan kekuatan struktur jembatan, keempat berkaitan dengan pembangunan jalan berkelanjutan, dan kelima tentang karakteristik beton untuk beberapa jenis semen.

Tulisan pertama mengemukakan tentang pengembangan alat ukur kekuatan jalan tanah. Pengembangan ini sebagai hasil dari pengembangan model alat ukur yang cukup terpercaya, sederhana, dan dapat diproduksi dalam negeri.

Tulisan kedua berkenaan dengan pemanfaatan bahan karet bekas untuk perkerasan jalan, yang didasarkan atas eksperimen di laboratorium.

Tulisan ketiga berkaitan dengan analisis kuat lelah (fatik) struktur jembatan komposit yang banyak dipakai di Indonesia berdasarkan data beban kendaraan bergerak (WIM).

Tulisan keempat menyampaikan tentang topik lingkungan jalan, berkaitan dengan penetapan indikator pembangunan jalan berkelanjutan yang dewasa ini menjadi kebijakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Tulisan yang kelima berkaitan dengan karakteristik beton yang menggunakan jenis semen OPC, PPC, dan PCC yang hasilnya bisa menjadi referensi penggunaan semen tersebut oleh masyarakat.

Kami ucapkan terima kasih khususnya kepada Prof. Dr. Ir. M. Furqon Affandi, M.Sc., Prof. Ir. Wimpy Santosa, M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Ir. Bambang Sugeng S., DEA., Prof. Dr. Ir. Sugijanto, M.Si., Prof. Dr. Ir Suryoatmono, M.Sc., Prof. Ir. Lanneke Tristanto atas masukan dan kerjasamanya dalam terbitan ini, serta terima kasih kami sampaikan kepada Prof. Dr. Ir Aziz Jayaputra, M.Sc. sebagai anggota mitra bestari Jurnal Jalan-Jembatan.

Semoga tulisan-tulisan tersebut bermanfaat bagi para pengambil keputusan, konsultan, kontraktor, peneliti, perekayasa, pengajar, mahasiswa, dan para praktisi lainnya dalam bidang jalan dan jembatan.

Akhir kata, redaktur mengucapkan selamat membaca jurnal terbitan ini.

 

Manajer Jurnal


2016

Vol 33, No 2 (2016)

Prakata

Redaktur Jurnal Jalan-Jembatan menyampaikan selamat bertemu kembali dalam edisi Juli-Desember 2016, yang merupakan edisi kedua dari Volume 33 tahun 2016. Pada terbitan ini, disampaikan enam karya tulis ilmiah dengan susunan tulisan, kesatu berkaitan dengan masalah pemodelan jembatan gantung, kedua berkaitan dengan perkerasan jalan lentur dengan campuran hangat menggunakan bahan tambah parafin, ketiga berkaitan dengan pemanfaatan nanomaterial untuk peningkatan kualitas beton, keempat tentang vertical garden di median jalan untuk mereduksi polusi, kelima tentang kapasitas jalan khususnya ekivalen mobil penumpang, dan keenam tentang pemodelan pengelolaan tempat istirahat di ruas jalan non tol.


Tulisan pertama mengemukakan tentang pengembangan kriteria penilaian model aerodinamik jembatan kabel dalam pengujian terowongan angin. Pengembangan ini sebagai hasil dari kajian literatur dan eksperimen para ahli di bidang jembatan gantung.


Tulisan kedua berkenaan dengan kajian tentang karakteristik campuran hangat asbuton dengan bahan tambah berbasis parafin. Tulisan ini didasarkan atas eksperimen di laboratorium.

Tulisan ketiga masih berkaitan dengan ekperimen di laboratorium, berkaitan dengan peningkatan mutu beton, yaitu tentang pengaruh penambahan nanomaterial terhadap sifat mekanik dan durabilitas beton.

Tulisan keempat menyampaikan tentang topik lingkungan jalan, berkaitan dengan reduksi polusi udara, yaitu tentang efektifitas reduksi polusi udara dengan metode vertical garden. Penanaman cara ini diharapkan dapat ditempatkan pada median jalan dan secara efektif dapat mereduksi polutan akibat emisi gas buang kendaraan.

Tulisan yang kelima berkaitan dengan kapasitas jalan yaitu tentang pengaruh proporsi sepeda motor terhadap nilai ekivalen mobil penumpang pada ruas jalan luar kota.

Tulisan keenam dan merupakan tulisan terakhir pada edisi ini, berkaitan dengan model pengelolaan tempat istirahat pada jalan umum, berupa kajian terhadap regulasi tentang kelembagaan, pembiayaan, dan pelayanan penyelenggaraan tempat istirahat di sisi jalan umum non tol.

Kami ucapkan terima kasih khususnya kepada Prof. Dr. Ir. M. Furqon Affandi, M.Sc., Prof. Ir. Wimpy Santosa, M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Ir. Bambang Sugeng S., DEA., Prof. Dr. Ir. Sugijanto, M.Si., Prof. Dr. Ir Suryoatmono, M.Sc. atas masukan dan kerjasamanya dalam terbitan ini, serta terima kasih kami sampaikan kepada Prof. Dr. Ir Aziz Jayaputra, M.Sc. sebagai anggota mitra bestari Jurnal Jalan-Jembatan.

Semoga semua tulisan-tulisan tersebut, bermanfaat bagi para pengambil keputusan, konsultan, kontraktor, peneliti, perekayasa, pengajar, mahasiswa, dan para praktisi lainnya dalam bidang jalan dan jembatan.
Akhir kata, redaktur mengucapkan selamat membaca jurnal ini dan selamat Tahun Baru 1 Januari 2017, semoga tahun 2017 membawa kesuksesan bagi kita semua.


Manajer Jurnal

Vol 33, No 1 (2016)

Prakata

Redaktur Jurnal Jalan - Jembatan menyampaikan selamat bertemu kembali dalam edisi Januari Juni 2016, yang merupakan edisi pertama dari Volume 33 No 1 tahun 2016. Pada terbitan ini, disampaikan lima karya tulis ilmiah, tulisan ke satu sampai dengan ke tiga berkaitan dengan masalah perkerasan jalan lentur dari jenis campuran beraspal panas, tulisan keempat berkaitan dengan cara memodifikasi jembatan gantung, dan tulisan kelima berkaitan dengan perkiraan usia perkerasan lentur jalan Tol.

Tulisan pertama mengemukakan tentang pengembangan model deformasi permanen untuk campuran beraspal panas dari jenis perkerasan Stone Matrix Asphalt yang dipandang lebih tahan terhadap kerusakan alur. Pemodelan ini sebagai hasil dari eksperimen di laboratorium.

Tulisan kedua berkenaan dengan kajian tentang pengaruh senyawa basa nitrogen aspal batu Buton (Asbuton) terhadap sifat reologi aspal dalam campuran beraspal panas,baik sebelum ataupun sesudah mengalami penuaan jangka pendek dan jangka panjang. Tulisan ini pun didasarkan atas eksperimen di laboratorium.

Tulisan ketiga masih berkaitan dengan campuran beraspal panas, yaitu tentang pengaruh bahan peremaja terhadap kinerja campuran beraspal panas bergradasi menerus menggunakan bahan daur ulang perkerasan beraspal. Penggunaan bahan daur ulang dimaksudkan untuk mengatasi masalah ketersedian bahan jalan yaitu Aspal dan Agregat yang kebutuhannya setiap tahun meningkat.

Tulisan keempat menyampaikan tentang jembatan gantung yang banyak juga digunakan di Indonesia. Dijelaskan bagaimana caranya memodifikasi sistem kabel utama jembatan gantung dengan klem untuk meningkatkan kekakuan struktural. Teknologi modifikasi ini sudah lama dikembangkan dan diaplikasikan di luar negeri, tetapi belum banyak diaplikasikan di dalam negeri. Makalah ini menjelaskan tentang teknik memodifikasi jembatan gantung dengan klem.

Tulisan yang kelima dan sekaligus merupakan tulisan terakhir pada edisi ini, berkaitan denganprediksi umur sisa perkerasan lentur berdasarkan kerataan jalan. Persamaan prediksi umur sisa diturunkan berdasarkan data dari jalan tol Surabaya-Gempol di Jawa Timur. Persamaan ini bermanfaat untuk membantu pemrograman pemeliharaan jalan khususnya perkerasan lentur di jalan tol.

Semoga semua tulisan yang disajikan ini, memberikan manfaat yang besar bagi para pengambil keputusan, konsultan, kontraktor di bidang jalan, para peneliti di bidang jalan, para pengajar dan mahasiswa di perguruan tinggi, serta para praktisi.

Akhirnya, redaktur mengucapkan selamat membaca jurnal ini dan khusus bagi kaum muslimin selamat Eidul Fitri 1437 Hijriah, semoga ke depan kita semua mendapatkan keberkahan dan kesuksesan yang lebih dari waktu sebelumnya.

 

Manajer Jurnal






1 - 18 of 18 Item