EVALUASI KINERJA SEISMIK JEMBATAN EXISTING BETON PRATEGANG VOIDED SLAB DENGAN ANALISIS PUSHOVER PADA PILAR JEMBATAN

Isi Artikel Utama

Ahmad Afifi

Abstrak

Standar perencanaan dan pembebanan jembatan di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan terutama pada aspek perencanaan beban gempa, dengan perubahan terakhir pada tahun 2016 yaitu SNI 2833:2016 tentang Perencanaan Jembatan terhadap Beban Gempa dan SNI 1725:2016 tentang Pembebanan Jembatan. Dengan adanya perubahan standar tersebut, jembatan yang sudah beroperasi di Indonesia sebelum tahun 2016 perlu dilakukan evaluasi kinerja struktur. Pada tulisan ini, evaluasi dilakukan pada jembatan beton prategang dengan tipe voided slab yaitu Jembatan No. 5 Simpang Susun Cawang Tol Dalam Kota Jakarta yang telah dibangun sejak tahun 1987. Hasil evaluasi antara lain menunjukkan kapasitas aksial-lentur pada elemen pier jembatan tidak mampu memikul beban dengan standar yang terbaru pada kondisi batas ekstrem.  Selain itu, kebutuhan luas tulangan confinement pada elemen pier jembatan tidak memenuhi syarat tulangan minimum. Selanjutnya, evaluasi kinerja struktur jembatan yang dilakukan dengan analisis statik pushover (NSPA) pada elemen pier P3 untuk pembebanan arah memanjang jembatan, menghasilkan level kinerja pier P3 pada kondisi Operational – Life Safety (O-LS) dengan drift 1.56%. Apabila model perkuatan struktur diaplikasikan pada elemen pier P3 dengan RC-jacketing fc‘ 25 MPa dengan tebal 100 mm dan tulangan longitudinal tambahan 72 D29, kapasitas P3 diharapkan dapat meningkat sebesar 49% dari kapasitas awal dan level kinerja pier P3 menjadi turun ke level Operational (O) dengan drift 1%.

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan