RADIUS PUTAR KENDARAAN DESAIN UNTUK PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN DI INDONESIA

Isi Artikel Utama

Greece Maria Lawalata
Faisal Rahman

Abstrak

ABSTRAK
Merancang lebar jalur kendaraan harus mempertimbangkan jenis kendaraan yang melewatinya. Hal ini didapatkan dengan mengetahui dimensi kendaraan dan jarak sumbu roda kendaraan. Dari kedua data tersebut dapat diketahui jejak roda dan ukuran terluar badan kendaraan (sweeping path). Makalah ini dimaksudkan menentukan radius putar kendaraan desain untuk perancangan geometric jalan. Kendaraan desain yang dimaksud adalah kendaraan-kendaraan yang disebutkan dimensinya dalam berbagai peraturan dan kendaran yang dominan hasil penelitian Pusat Litbang Jalan dan Jembatan. Metode yang dilakukan adalah studi literature dari peraturan dan hasil penelitian Pusat Litbang Jalan dan Jembatan. Penentuan radius putar kendaraan dilakukan menggunakan aplikasi software Autoturn dengan asumsi: permukaan perkerasan datar, ban tidak mengalami slip, steering lock kendaraan sebesar 400, sudut kemudi 31,6o, manuver U-Turn sebesar 180o. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 17 kendaraan yang menjadi kendaraan desain yang dilengkapi dengan radius putar. Terdapat 2 kendaraan yang memiliki 2 kendaraan yang memiliki radius putar lebih dari 12 meter.
Kata kunci: radius putar kendaraan, jejak kendaraan, kendaraan desain, dimensi kendaraan, tata cara geometrik jalan.
 

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan