EVALUASI KEKUATAN STRUKTUR BAJA BERGELOMBANG BERDASARKAN TIPE DAN KETEBALAN

Isi Artikel Utama

Hardiansyah Putra

Abstrak

ABSTRAK
Material konstruksi struktur baja bergelombang mempunyai tiga tipe yaitu standar, deep dan superdeep. Tiga tipe ini dibedakan dari dimensi penampang sehingga terdapat perbedaan nilai momen inersia, semakin besar momen inersia maka bentang maksimum yang diaplikasikan bisa semakin lebar. Di Indonesia material konstruksi ini sudah difungsikan sebagai struktur jembatan. Penilaian kekuatan konstruksi struktur baja bergelombang berdasarkan tiga kriteria yaitu compression failure, plastic hinge, dan connection failure. Pada saat perencanaan diperlukan iterasi perhitungan untuk mendapatkan pemilihan tipe dan ketebalan yang optimum, maka dilakukan perhitungan dan analisis pada lebar bentang 15 meter dengan bentuk konstruksi setengah lingkaran agar diketahui peningkatan persentase kekuatan setiap perubahan tipe dan ketebalan baja yang digunakan. Metode perhitungan berdasarkan pedoman yang dikeluarkan oleh Canadian Highway Bridge Designs Code. Berdasarkan hasil perhitungan semakin besar nilai momen Inersia akan semakin menambah kekuatan dari struktur baja bergelombang. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata penambahan kekuatan 3 parameter tinjauan pada masing-masing tipe dan ketebalan baja adalah untuk tipe standar kenaikan rata-rata nilai wall strength compression sebesar 9%, kenaikan rata-rata seam strength 3% dan kenaikan rata-rata plastic hinge 11%. Untuk tipe deep kenaikan rata-rata nilai wall strength compression sebesar 24%, kenaikan rata-rata seam strength 25% dan kenaikan rata-rata plastic hinge 19%. Untuk Tipe Superdeep kenaikan rata-rata nilai wall strength compression sebesar 41%, kenaikan rata-rata seam strength 27% dan kenaikan rata-rata plastic hinge 34%. Hasil tersebut memperlihatkan kenaikan rata-rata kekuatan tertinggi ada pada tipe baja bergelombang tipe superdeep.
 
Kata Kunci: struktur baja bergelombang, momen inersia, kekuatan dinding dalam tekanan, kekuatan sambungan.

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan