Beton mutu tinggi untuk komponen jembatan pracetak (high performace concrete for precast brigade components)

Isi Artikel Utama

Lanneke Tristanto

Abstrak

Belon mutu tinggi merupakan 'beton yang memenuhi kriteria k:inerja majemuk yang lebih ketat dari persyaratan beton struktural biasa '. Sesuai dengan kondisi di Indonesia, beton mutu tinggi sebagai beton k:inerja tinggi High Performance Concrete memerlukan persyaratan khusus untuk k:inerja plastis (kemudahan penempatan), cara pemadatan (menghindari rongga), dan keawetan (mencegah korosi tulangan).
Desain gelagar beton mutu tinggi memberi penghematan untuk berat dan dimensi struktur. Di satu segi mengurangi berat sendiri struktur dan di segi lain lendutan bertambah besar. Selain int diperlukan penulangan lebih banyak berupa h1langan baja dan strand/tendon prategang, sedangkan tempat yang tersedia terbatas. Gabungan antara dua sistem yaitu pra penegangan 'pre-tensioned ' yang terjangkar oleh ikatan strand dalam beton, dan pasca penegangan 'post-tensioned ' yang terjangkar oleh angkur tendon dalam end-block menjadi salah satu solusi dalam mengatasi keterbatasan tempat penjangkaran .
Komponen gelagar je mbatan beton pracetak umumnya di-produksi sesuai mutu beton karakteristik 40MPa. Desain standar tersebut di-modifikasi dengan beton mutu tinggi 65 MPa yang terjangkau secara optimal dengan bahan agregat tersedia. Penerapan beton mutu tinggi dalam industri komponen jembatan pracetak telah dikaji dengan pembuatan dan pengujian gelagar ska/a penuh , yang merupakan hast/ pene/itian dari kerjasama antara Puslitbang Prasarana Transportasi dan Proyek Pengadaan Komponen Jembatan Pracetak di Buntu.

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan