Pengaruh TiO2 dalam cat tembok dan cat besi terhadap reduksi polutan NOx

Isi Artikel Utama

Nanny Kusminingrum , Asep Sunandar

Abstrak

Telah diketahui baltwa lapisan tipis TiO2 bertindak sebagai material phutokatalis yang mampu mereduksi atau mengeliminasi polutan di atmosfir seperti NO, NO2 atau NOx.
Berdasarkan penelitian-penelitian yang dilakukan di luar negeri, khususnya Jepang, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja dari photokatalis Ti02, diantaranya Ketebalan lapisan, luas struktur permukaan lapisan, ukuran partikel, intensitas sinar UV dan lain-lain
Penelitian-penelitian tentang photokatalis di Indonesia relatif masih sedikif . Salah satu institusi yang sedang melakukan penelitian photokatalis Ti02 tersebut adalahPusat Litbang Prasarana Transportasi. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian sebelumnya yang dilakukan pada tahun anggaran 2000 / 2001.
Maksud penelitian adalah untuk mengetahui kinerja Ti02 dalam Cat Besi dan cat Tembok terhadap kemampuannya mereduksi polutan NOx . dengan harapan akan diperoleh komposisi penambahan Ti02 ke dalam cat yang optimal dalam mereduksi polutan NOx.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kinerja Ti02 dalam Cat Tembok lebih baik dibandingkan Cat Besi yang ditunjukkan dengan nilai I-test 2 ekor untuk Cat Tembok lebih besar dari standar (0, 05). Disamping itu juga, penelitian ini menunjukkan bahwa reduksi polutan .NOx terbesar (59,87%) terjadi pada Cat Tembok yang ditambah TiO2 23% (penambahan optimal).

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan