Analisa SIG Modeling Rencana Alternatif Jalan Trase Masohi-Saleman, Seram Tengah Propinsi Maluku

Isi Artikel Utama

Saroso BS

Abstrak

Sistem jaringan jalan mantap merupakan prioritas tinggi pada rencana pengembangan Kapet, Pulau Seram sebagai pusat sumber daya laut dan perikanan. Pusat Agroindustri dan daerah Pengembangan Pariwisata. Namun upaya ini menghadapi kendala Signifikan yaitu keterbatasan informasi keadaan bentang alam baik morfologi. Geometri maupun geologi yang sangat tidak menguntungkan pada pengembangan sistem jaringan jalan yang mantap.
Analisa SIG (Sistem Informasi Geografis) Modeling adalah metoda analisa secara digital dari berbagai data spesial yang cepat, efektif dan efisien yang dapat dimanfaatkan khususnya untuk daerah terpencil dan sulit dijangkau oleh transportasi.
Tulisan ini menganalisa jaringan jalan Poros Tengah pada pulau Seram yang sering mengalami masalah kelongsoran pada jalan lama ruas Masohi-Saleman. Ruas alternatif Naitiru-Besi dan Tamilao-Wahai. Analisa tersebut menyajikan Peta maupun gambaran nyata model tiga dimensional daerah rawan longsor, tingkat erosifitas batuan dan volume galian/timbunan yang diperlukan pada suatu trase jalan.
Hasil analisa ini dapat membantu desai jalan dalam efisiensi perencanaan, pemeliharaan, pelaksanaan pembangunan jalan yang mantap dan berwawasan lingkungan.

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan