Korelasi Volume Kerimbunan Daun Tanaman Felicium, Perdu dan Semak terhadap Reduksi NOX

Isi Artikel Utama

Nanny Kusminiligrum

Abstrak

Polusi udara merupakan perubahan dari komposisi udara normal oleh a/am atau kegiatan manusia, seperti : tran:;p ortasi, industri ataupembakaran .
 
Polusi udara dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan menyebabkan infeksi pada manusia. Karena itu, ti11gkat polus i udara yang tinggi berbahaya. Sehubungan dengan ha/ tersebut, penelitian benar-benar diperlukan untuk melindungi lingkungan dan meningkatkan kualitas kehidupan.
 
Menurut ASIF FAIZ dkk (1990), di negara-negara Eropa tercatat bahwa 50 - 60 % dari total emisi o/eh /alu lintas darat adalah NOx . Karena itu peningkatan /alu lintas di negara-negara dunia ke tiga benar-benar menunjukkan efek yang nyata dari po/utan NOx tersebut. Sehubungan dengan ha/ tersebut, keadaan ini benar­ benar membutuhkan peningkatan sistem transportasi darat ataupun diperlukan suatu tindakan untuk mengurangi efek samping dari polusi udara tersebut, sehingga lingkungan menjadi nyaman.
 
Tanaman mempunyai banyak fungsi antara lain dapat berfungsi sebagai penyaring alami untuk berbagai polusi udara (UNUS SURIAWIRJA,1991) Sehubungan dengan ha/ tersebut, maka tanaman merupakan media yang cukup potensial untuk mengurangi polusi udara akibat lalu lintas darat. Pusat Litbang Teknologi Prasarana Jalan telah melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh berbagai jeni s tanaman (secara mandiri) terhadap reduksi polusi udara. Dalam kesempatan ini dilakukan penelitian korelasi kombinasi berbagai tanaman terhadap reduksi polusi udara, sebagai kelanjutan dari penelitian terdahulu.
 

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan