Model Prediksi polusi udara di perimpangan

Isi Artikel Utama

G. Gunawan , I.G.W. Samsi Gunarta

Abstrak

Pencemaran udara dan kebisingan adalah 2 masalah lingkungan yang terutama ditimbulkan oleh kegiatan transportasi. Untuk menangani masalah tersebut diperlukan suatu metoda yang cukup akurat guna estimasi parameter-parameter lingkungan.
Dari studi-studi terdahulu telah dikembangkan berbagai model untuk mengestimasi konsentrasi polutan dari emisi kendaraan bermotor, seperti CELINE-3 (BENSON,1980). Gaussian plume model dan EPA HIGHWAY-2 (Peterson, 1980). Diantara berbagai model tersebut, model Gaussian adalah salah satu model yang populer digunakan untuk memprediksi tingkat polusi disekitar ruas jalan.
Meskipun demikian studi ini hanya meninjau pengaruh pencemaran udara dengan menggunakan Model Sumber Volume (OMG), untuk memprediksi polusi udara disekitar persimpangan dengan titik acuan pusat persimpangan. Di dalam analisa, telah dikembangkan program komputer sederhana untuk memudahkan perhitungan-perhitungan yang menggunakan model OMG tersebut. Model ini digunakan karena tingkat ketelitiannya dapat diandalkan.
Hasil analisa statistik menunjukkan bahwa korelasi antara nilai prediksi dan nilai pengukuran lapangan berkisar antara 50-70%.

Rincian Artikel

Terbitan
Bagian
Jalan dan Jembatan