A STUDY OF POLYMER MODIFIED BINDER ETHYLENE VINYL ACETATE (EVA) ON TliiE HOT ROLLED ASPHALT

Isi Artikel Utama

Lekss miningsih

Abstrak

Pemakaian modified binder telah lama digunakan di dalam campuran pembuatan perkerasan jalan guna menanggulangi pertambahan jumlah dan beban dari kendaraan pemakai jalan. Pemakaian thermoplastic polymer di dalam campuran bahan pengikat sebagai modified binder pemakaiann ya meningkat setiap tahunnya, bahan polymer  ini berfungsi  untuk  memperbaiki sifat dari bahan pengikat terutama dengan pemakaian material yang baik sehingga memperlihatkan penampilan yang baik pula di dalam masa pelayanannya terutama pada beberapa tempat yang perlu penanganan khusus.
Di dalam laporan penelitian ini dibahas 3 campuran dari hot rolled asphalt type wearing course, untuk negara bertemperatur rendah BS 594 dan untuk negara tropis ; Road Note 31 dan TRH - 878. Untuk HRS BS 594 dipakai aspal pen 50 dan untuk campuran lainnya dipakai aspal pen 70. Pemakaian agregat jems Limestone dan granite.
Selanjutnya, laporan membahas pemakaian EVA (Ethylene Vinyl Acetate) di dalam HRA Type wearing course TRH - 8-78. Tujuan dari pemakaian additive ini adalah untuk meningkatkan sifat dari campuran di dalam percobaan Marshall, menambah ketahanan campuran terhadap surface rutting dan bleeding akibat kelebihan bahan pengikat dan untuk memenuhi tuntutan perkerasan yang baik dan tahan terhadap beban lalu-lintas yang berat. Percobaan dilakukan di laboratorium aspal Laing Technology Group di lnggrisaun 2(dua) kali lipat, ternyata pengurangan   konsentrasi NOx lebih kecil dari 2 (dua) kalinya.

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan