CARA PEMUTAKHIRAN NILAI EKIVALEN MOBIL PENUMPANG DAN KAPASITAS DASAR RUAS JALAN LUAR KOTA

Isi Artikel Utama

Hikmat Iskandar

Abstrak

Ekivalen mobil penumpang (emp) adalah unit untuk mengkonversikan satuan arus lalu lintas dari kendaraan/jam menjadi satuan mobil penumpang smp/jam. Arus lalu lintas yang terdiri dari bermacam jenis kendaraan, seperti mobil penumpang, bus, truk, dan sepeda motor dikonversikan menjadi satu satuan arus lalu lintas yaitu smp/jam dengan menganggap bahwa satu kendaraan, selain jenis kendaraan penumpang, 'diganti' oleh satu kendaraan penumpang dikali emp. Setiap jenis kendaraan memiliki nilai emp yang berbeda dengan jenis kendaraan yang lain, tergantung pada pengaruh keberadaannya didalam suatu arus lalu lintas. Kapasitas dasar adalah nilai arus lalu lintas yang tidak terganggu. Nilai emp digunakan dalam mengkonversikan satuan arus kapasitas dasar dari kendaraan/jam menjadi smp/jam. Makalah ini bermaksud melakukan kajian terhadap penetapan nilai emp dan kapasitas dasar. Kajian melingkupi cara menetapkan nilai emp, kapasitas dasar, dan uji coba aplikasikan cara tersebut terhadap data primer. Hasil kajian menunjukkan bahwa untuk ruas jalan luar kota, nilai emp dapat ditetapkan dari hubungan kecepatan dengan volume lalu lintas per komposisi, kapasitas dasar ditetapkan dari hubungan linier antara kecepatan dan kerapatan arus, dan hasil uji coba menunjukkan bahwa cara ini dapat dipakai untuk menetapkan emp dan kapasitas dasar. Hasil uju coba terhadap data ruas jalan Nagreg-Tasikmalaya menunjukkan kecenderungan nilai emp dan kapasitas dasar yang berubah.
 
Kata kunci : Jalan luar kota, kapasitas jalan, hubungan kecepatan-kerapatan, emp, smp.

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan