PERANAN TANAMAN SEMAK DALAM UPAYA MENGURANGI POLUTAN NOx DAN CO

Isi Artikel Utama

Nanny Kusminingrum

Abstrak

Tanaman pada umumnya terdiri dari jenis pohon,perdu dan semak. Tanaman semak merupakan jenis tanaman berpostur paling rendah dibandingkan dengan jenis pohon dan perdu. Pada jalur hijau jalan, tanaman dapat ditanam/ditempatkan menerus berdampingan dengan trotoar atau dengan bahu jalan, umunya ditanami tanaman jenis pohon. Namun untuk penempatan dengan menggunakan pot, dapat juga ditanami jenis perdu atau semak. Penempatan tanaman pada pemisah jalur (median jalan), sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, pada umumnya hanya cocok ditanami jenis perdu atau semak. Pada taman kota, dimana dapat difungsikan sebagai "paru-paru" kota, kombinasi ke tiga jenis tanaman tadi, dapat digunakan.
Manfaat Ruang Terbuka Hijau seperti ini, yang paling penting adalah sebagai pengaman lingkungan hidup di perkotaan dari berbagai macam bentuk pencemaran, termasuk pencemaran udara.
Peranannya dalam meningkatkan kualitas lingkungan jalan, tanaman semak merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dikombinasikan dengan jenis perdu ataupun jenis pohon. Dalam hal ini, bukan dari segi estetikannya saja namun perlu dikaji peranannya dalam meningkatkan pelayanan pengguna jalan dan lingkungan di sekitarnya, yaitu antara lain kenyamanan dalam segi kesehatan, yaitu pengurangan polusi yang terjadi pada suatu lokasi.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa tanaman semak dapat mereduksi NOx : (20.49 - 54.42) % dan mereduksi CO : (35.14 - 92.22) %
 
Kata kunci : Pencemaran Udara, kendaraan bermotor, tanaman semak

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan