PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL

Isi Artikel Utama

Muhammad Idris

Abstrak

Ruang Henti Khusus sepeda motor merupakan salah satu fasilitas bagi sepeda motor untuk berhenti di persimpangan selama fase merah. Ruang Henti Khusus sepeda motor ini telah diujicobakan dalam skala terbatas untuk mendukung pergerakan sepeda motor pada salah satu persimpangan bersinyal pada jalan arteri sekunder tipe 4/2 terbagi. Makalah ini bertujuan untuk menyajikan pengaruh Ruang Henti Khusus pada persimpangan bersinyal terhadap tingkat konflik dan tingkat keparahan konflik antara sepeda motor dengan kendaraan bermotor lainnya. Untuk menguji efektifitas Ruang Henti Khusus dalam mengurangi konflik lalu lintas, telah dilakukan observasi lapangan dengan bantuan video kamera pada waktu puncak pagi dan sore baik sebelum dan sesudah penerapan Ruang Henti Khusus, dan analisis datanya dilakukan di laboratorium. Secara keseluruhan, sebanyak 103 sampel fase waktu masing-masing pada waktu punca pagi dan sore sebelum dan sesudah implementasi Ruang Henti Khusus, serta dengan total 21087 sepeda motor telah dianalisis. Analisis sebelum dan sesudah penerapan Ruang Henti Khusus memperlihatkan bahwa tidak terdapa perbedaan yang signifikan pada proporsi arus lalu lintas. Jumlah lalu lintas yang melewati persimpangan meningkat baik pada waktu puncak pagi dan sore masing-masing dengan 11,92% dan 12,31%. Pola konflik juga berubah secara signifikan, demikian juga dengan tingkat konflik juga menurun dari 133,39 konflik/1000 smp menjadi  24,68 konflik/1000 smp untuk waktu puncak pagi, dan dari 111,10 konflik/1000 smp menjadi 24,10 konflik/1000 smp untuk waktu puncak sore. Tingkat keparahan konflik juga menurun dari 1,83 menjadi 1,43 pada waktu puncak pagi dan dari 1,96 menjadi 1,38 pada waktu puncak sore.
 
Kata kunci : Ruang Henti Khusus, sepeda motor, konflik lalu lintas, tingkat konflik, keparahan konflik 

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan