Kajian Pemanfaatan FWD Sebagai Alat Uji Struktur Perkerasan Jalan

Isi Artikel Utama

I Ketut Darsana
Wawan Darmawan

Abstrak

Puslitbang Prasarana Transportasi sejak tahun 1990-an telah memiliki alat Falling Weight Deflectometer (FWD), sebagai salah satu alat untuk uji kinerja struktur perkerasan jalan yang telah dilengkapai dengan sistem komputer (Computerize) untuk ketepatan dan kecepatannya. Evaluasi dalam pemanfaatannya belum pernah dilaksanakan, untuk itu dilakukan kajian terhadap alat FWD apakah dalam pengelolaannya optimal secara teknis, maupun ekonomis untuk memenuhi perinsip-perinsip manajemen. 
Kapasitas FWD baru mencapai 251.280 titik < 404.000 titik (Dynates-8002), jadi FWD belum optimal dari segi kemampuan teknis, namun dalam opersionalnya telah sesuai prosedur berdasarkan fungsi manajemen. Karena terbatasnya permintaan kerjasama dan jasa pelayanan FWD, agar optimal secara teknis dan ekonomis dapat dilakukan dengan peningkatan kapasitas menjadi 40.000 titik pertahun bila ingin memaksimalkan keuntungan atau meningkatkan harga sewa dari Rp 25.000,- menjadi Rp 36.000,- per-titik, bila untuk meminimalkan kerugian. 
Pilihan alternatif tersebut di atas perlu dilakukan suatu evaluasi sehingga keluaran yang dihasilkan optimal, dengan memperhatikan tujuan utama pemanfaatan FWD adalah untuk kebutuhan pelayanan litbang, sedangkan kapasitas lebih FWD dimanfaatkan untuk pelayanan jasa dengan pihak-pihak lain yang membutuhkannya.

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan