PENGKAJIAN METODA PELAPISAN ULANG CAMPURAN BERASPAL DIATAS PERKERASAN BETON

Isi Artikel Utama

Neni Kusnianti
Y. Ronny P.A

Abstrak

Sebagaimana halnya suatu perkerasan jalan, maka jalan beton pun akan mengalami penurunan kinerja sehubungan dengan pengaruh beban lalu lintas dan lingkungan dimana jalan tersebut berada. Penurunan kinerja yang umum ialah pelayanan dari segi struktur serta pelayanan fungsional dalam melayani lalu lintas. Dalam rangka meningkatkan kembali kemampuan perkerasan jalan beton tersebut serta memanfaatkan perkerasan lama yang sudah ada secara efektif, maka perlu dilakukan usaha perkuatan perkerasan yang sudah ada, agar bisa melayani lalu lintas lebih lama lagi. Untuk memperpanjang masa pelayanan jalan beton tersebut, dapat dilakukan penambahan lapis tambahan diatas perkerasan beton yang sudah ada, dimana salah satunya bahan penambahan tersebut ialah lapisan beraspal. 
Penambahan lapisan jalan beton dengan lapisan beraspal, memerlukan suatu pedoman sehingga masa pelayanan yang diharapkan dapat dicapai sesuai rencana, dengan memanfaatkan kekuatan perkerasan jalan beton yang ada secara efektif dan efisien. 
Pada tulisan ini, diuraikan beberapa metoda untuk perhitungan tebal lapis ulang AC diatas perkerasan beton, antara lain metoda AUSTROADS, AASHTO

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan