PENGARUH PENAMBAHAN MODIFIER ASPAL YANG MENGANDUNG MANGAN (Mn) TERHADAP SIFAT REOLOGI DAN KARAKTERISTIK CAMPURAN

Isi Artikel Utama

Tjitjik Wasiah Suroso

Abstrak

Banyaknya kasus kurang tahannya perkerasan jalan terhadap beban berat dan padat mendorong mencari solusi tersebut. Salah satu bahan untuk meningkatkan mutu perkerasan jalan adalah dengan menambahkan bahan tambah yang mengandung Magnsium oleat.
Makalah ini merupakan hasil penelitian dan kajian pengaruh penambahan bahan tambah yang mengandung Magnesium komponen terhadap sifat reologi aspal maupun kinerja campuran beraspal di laboratorium dan dari hasil uji coba dilapangan.
Hasil penelitian menunjukkan penambahan bahan tambah tersebut pada awalnya menurunkan nilai penetrasi aspal dan Stabilitas Marshall campuran beraspal . Dengan bertambahnya umur penyimpanan (pemeraman) sifat reologi dan kinerja juga mengalami kenaikan. Begitu juga dari hasil percobaan lapangan yang dilakukan oleh Danies cs (1995) kinerja perkerasan beraspal yang menggunaan bahan tambah yang mengandung Magnesium oleat meningkat sesuai umur pelayanan perkerasan dan dapat mengurangi tebal lapisan antara 20 sampai 30 %. Namun pada percobaan lapangan pada lokasi lain tebal lapisan yang mengandung Mangan lebih tebal dari tebal lapisan aspal konvensional serta terjadi retak buaya. Untuk itu perlu di lakukan percobaan pada lokasi lain untuk memperoleh hasil efektifitas bahan ini. Atas hasil tersebut maka disarankan penggunaan bahan ini pada perkerasan yang benar-benar mantap.
 
 
Kata kunci : Bahan tambah , aspal , campuran beraspal, Stabilitas.

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan