DIMENSI KENDARAAN RENCANA YANG OPERASIONAL

Isi Artikel Utama

Erwin Kusnandar

Abstrak

Dari hasil pembangunan dan sejalan dengan kemajuan teknologi dewasa ini, pada sektor transportasi jalan di tunjukan dengan meningkatnya jumlah dan perubahan karakteristik kendaraan, perubahan karakteristik kendaraan tersebut seperti terjadi pada aspek, bentuk, dimensi, dan kemampuan. Perubahan unsur unsur teknis kendaraan tersebut akan mempengaruhi parameter perencanaan geometri jalan yang telah ditetapkan seperti tercantum dalam buku Pedoman Tata Cara Perencanaan Geometri Jalan, Ditjen. Bina Marga, 1997.
Dengan kejadian tersebut, maka rancangan teknis geometri jalan yang dihasilkan, tidak bisa memenuhi kebutuhan gerak kendaraan yang direncanakan, pada ahirnya berdampak pada hambatan pergerakan dan tidak menutup kemungkinan terjadinya kecelakaan. Sejauhmana perbedaan dimensi unsur unsur teknis kendaraan rencana yang didapat dari kendaraan yang operasional dibandingkan dengan yang tercantum dalam pedoman.
Dalam tulisan ini, mencoba memberikan gambaran hasil penelitian, dimana hasil penelitian mengindikasikan adanya pergeseran cukup segnifikan pada panjang tonjolan belakang dan depan dari jenis kelompok kendaraan angkutan barang dan bis.
 
 
Kata Kunci : Kendaraan Rencana, Unsur Kendaraan Rencana, dan Kendaraan Operasional

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan