ESTIMASI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG BERDASAR DATA KECEPATAN PADA JALAN TOL (ESTIMATION OF PASSENGER CAR EQUIVALENCE BASED ON SPEED FOR TOLL ROADS)

Isi Artikel Utama

Tri Basuki Joewono
Kiagoes Moehammad H.N. Nugraha
Zelina Alviana

Abstrak

Berbagai studi telah dilakukan untuk menyesuaikan nilai EMP agar lebih sesuai dengan perubahan yang terjadi di lapangan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis distribusi kecepatan dua ruas jalan tol dan menggunakannya untuk mengestimasi nilai EMP. Studi dilakukan dengan menggunakan data arus dan kecepatan ruas jalan dalam kota dan luar kota, yaitu ruas Jakarta-Cikampek dan ruas Lingkar Luar Jakarta. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecepatan arus lalu lintas di kedua jalan tol mengikuti distribusi normal dan nilai EMP untuk jalan tol dalam kota adalah lebih besar dibandingkan nilai untuk jalan tol luar kota. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa nilai EMP berdasarkan data kecepatan adalah lebih kecil dibanding nilai dalam MKJI 1997.
Kata kunci: EMP, kecepatan, jalan tol, dalam kota, luar kota
 

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan
Penulis Biografi

Tri Basuki Joewono, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Parahyangan

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik