EVALUASI STABILITAS DINAMIS DAN FLOW NUMBER SEBAGAI PARAMETER KETAHANAN CAMPURAN BERASPAL TERHADAP DERFORMASI PERMANEN

Isi Artikel Utama

Nyoman Suaryana

Abstrak

ABSTRAKPengujian deformasi permanen di laboraturium dapat dilaksanakan dengan fundamental dengan alat triaxial test atau dengan pengujian simulative dengan menggunakan alat wheel tracking. Pengujian pertama menghasilkan nilai flow number sementara pengujian kedua menghasilkan nilai stabilitas dinamis (dynamic stability). Evaluasi terhadap prilaku kedua parameter tersebut di lakukan untuk campuran SMA (Split Mastic Asphalt) dengan aspal minyak dan aspal yang dimodifikasi asbuton. Metodologi yang digunkan adalah metoda komproratif antara dua hasil pengujian tersebut untuk campuran beraspalyang  sejenis. Flow number diperoleh dari nilai  minimum pada turunan pertama hubungan antara deformasi dengan jumlah cycle pembebanna. Namum dari hasil pengujian, khususnya pada terperatur tinggi (56oC) fenomena tersebut belum terkihat karena contoh uji terlanjut runtuh, pola tersebut terlihat jelas pada pengujian dengan temperature yang lebih rendah, yaitu 35oC dan 45oC. Beradasrkan pengamatan terhadap nilai stabilitas dinamis dengan penambahan waktu pengujian dari yang standar 1 x 60 menit menjadi 3 x 60 menit, terlihat nilai stabilitas dinamis meningkat pada setiaptahap. Hal ini mengindikasikan pada pengujian 1 x 60 menit belum dicapai nilai kecepatan deformasi yang kostan, khusunya pada temperatur35oC dan 45oC. meskipun dengan jumlah data yang terbatas, kolerasi kedua parameter tersebut terlihat baik. Pengujian flow number lebih memberikan keuntungan karena dapat menjelaskan fenomena deformasi geser dengan lebih jelas.Kata kunci :  folw number, stabilitas dinamis, deformasi permanen, SMA, asbuton

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan