OPTIMASI KONFIGURASI DEK JEMBATAN DENGAN SIMULASI NUMERIK

Isi Artikel Utama

Subagyo -
Fadilah Hasim

Abstrak

ABSTRAK Pengaruh geometri dek jembatan terhadap aliran angin perlu dikaji untuk mendapatkan rancangan jembatan yang optimal. Dalam fase perancangan penentuan geometri dek yang optimal biasanya diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif cepat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan pendekatan simulasi numeric untuk memperoleh gambaran besar berbagai pengaruh variasi geometri terhadap perilaku aliran angin di sekitar dek. Selanjutnya untuk mendapatkan besaran-besaran fisika secara lebih rinci, kajian dapat dilanjutkan menggunakan metoda eksperimen. Makalah ini melaporkan kajian simulasi numerik aliran di sekitar penampang lintang dek jembatan untuk mengetahui pola aliran  yang terjadi, gaya dan momen aerodinamika yang timbul untuk mengoptimalkan rancangan. Simulasi numeric dilakukan pada enam geometri penampang lintang dek jembatan dua dimensi dengan variasi titik tangkap angin pada sudut selang 0 derajat. Simulasi numeric dilakukan menggunakan perangkat lunak komersial Fluent. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dek jembatan yang dilengkapi wind fairing dengan titik tangkap angin 0,25 kali tinggi girder daripermukaan atas dek memiliki kinerja aerodinamika yang baik. Selanjutnya optimasi dari posisi titik tangkap dngan cara yang sama dilakukan simulasi diperoleh dari sisi titik tangkap pada jarak 1,5 meter dari sisi dek dasar.Kata kunci :  simulasi numeric, penampang lintang, sudut serang, simulasi, aerodinamika

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan