EVALUASI KEBERHASILAN TRANSJAKARTA DIBANDINGKAN DENGAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) KELAS DUNIA

Isi Artikel Utama

Fergyanto E.Gunawan
Erwin Kusnandar

Abstrak

ABSTRAKPerpindahan orang dan barang masih mendominasi prasarana transportasi jalan. Dinegara-negara berkembang, perpindahan dalam jumlah besar ini umumnya menggunakan system transportasi yang kurang efisien seperti kendaraan pribadi. Kota Jakarta, sebagai contoh, masih sangat tergantung dengan kendaraan pribadi. Di kota ini, jumlah kendaraan roda-dua mencapai 11,4juta pada tahun 2010 dan tumbuh secepat 11% per tahun. Jumlah dan pertumbuhan tinggi ini belum bisa diimbangi oleh prasarana transportasi sehingga kemacetan sering terjadi dan menyebabkan system transportasi menjadi tidak efisien. Untuk kondisi demikian, angkutan umum seperti bus rapid transit (BRT) menjadialternatif yang menjanjikan, dan diawal abad ke 21, terlihat penggunaan system BRT dibanyak kota di dunia. TransJakarta adalah system BRT yang di adopsi oleh kota Jakarta, dan telah beroperasi sejak 2004. Wakaupun demikian, setelah tujuh tahun beroperasi, TransJakarta belum berhasil mengatasi kemacetan di lalu-lintas Jakarta. Data memperlihatkan bahwa TransJakarta memiliki tingkat penumpang yang relatif rendah, dan belum terlihat perpindahan moda trasportasi di masyarakat. Penelitian ini pembelajari sistem TransJakarta khususnya dalam aspek-aspek yang berhubungan dengan sistem BRT standar dunia. Standar ini memiliki 30 aspek dalam lima kategori: Rencana Pelayanan, Infrastruktur, Desain Stasiun dan Antar-Muka Stasiun, Kualitas Pelayanan dan Sistem Informasi Penumpang, dan Integrasi dan Akses. Pada akhir paper ini, didiskusikan  aspek-aspek yang perlu diperbaiki oleh TransJakarta. Kata Kunci : Bus Transpor Cepat,Transportasi Umum, TransJakarta, Kemacetan, BUS

Rincian Artikel

Bagian
Jalan dan Jembatan