Jurnal Jalan-Jembatan

Call for Paper

Redaksi Jurnal Jalan-Jembatan, mengundang para pembuat keputusan, akademisi, peneliti, praktisi, pemerhati masalah jalan dan jembatan untuk berkontribusi menulis naskah ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian, pengembangan, kajian atau gagasan dalam bidang jalan dan jembatan pada JURNAL JALAN-JEMBATAN yang diterbitkan oleh Pusat Litbang Jalan dan Jembatan, Badan Litbang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap Jalan. Terbit pertama kali tahun 1984, dengan frekuensi terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Mulai tahun 2016 terbit dengan frekuensi dua kali setahun, edisi Januari - Juni dan edisi Juli - Desember, dalam versi cetak dan versi elektronik.

Sesuai Surat Keputusan LIPI No.680/AU4/P2MI-LIPI/07/2015, Jurnal Jalan-Jembatan telah mendapat Akreditasi.




Vol 34, No 1 (2017)

Prakata

 

Redaktur Jurnal Jalan-Jembatan menyampaikan selamat bertemu kembali dalam edisi Januari-Juni 2017, yang merupakan edisi pertama dari Volume 34 tahun 2017. Pada terbitan ini, disampaikan enam karya tulis ilmiah dengan susunan tulisan, kesatu dan kedua berkaitan dengan masalah perkerasan jalan, ketiga berkaitan dengan kekuatan struktur jembatan, keempat berkaitan dengan pembangunan jalan berkelanjutan, dan kelima tentang karakteristik beton untuk beberapa jenis semen.

Tulisan pertama mengemukakan tentang pengembangan alat ukur kekuatan jalan tanah. Pengembangan ini sebagai hasil dari pengembangan model alat ukur yang cukup terpercaya, sederhana, dan dapat diproduksi dalam negeri.

Tulisan kedua berkenaan dengan pemanfaatan bahan karet bekas untuk perkerasan jalan, yang didasarkan atas eksperimen di laboratorium.

Tulisan ketiga berkaitan dengan analisis kuat lelah (fatik) struktur jembatan komposit yang banyak dipakai di Indonesia berdasarkan data beban kendaraan bergerak (WIM).

Tulisan keempat menyampaikan tentang topik lingkungan jalan, berkaitan dengan penetapan indikator pembangunan jalan berkelanjutan yang dewasa ini menjadi kebijakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Tulisan yang kelima berkaitan dengan karakteristik beton yang menggunakan jenis semen OPC, PPC, dan PCC yang hasilnya bisa menjadi referensi penggunaan semen tersebut oleh masyarakat.

Kami ucapkan terima kasih khususnya kepada Prof. Dr. Ir. M. Furqon Affandi, M.Sc., Prof. Ir. Wimpy Santosa, M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Ir. Bambang Sugeng S., DEA., Prof. Dr. Ir. Sugijanto, M.Si., Prof. Dr. Ir Suryoatmono, M.Sc., Prof. Ir. Lanneke Tristanto atas masukan dan kerjasamanya dalam terbitan ini, serta terima kasih kami sampaikan kepada Prof. Dr. Ir Aziz Jayaputra, M.Sc. sebagai anggota mitra bestari Jurnal Jalan-Jembatan.

Semoga tulisan-tulisan tersebut bermanfaat bagi para pengambil keputusan, konsultan, kontraktor, peneliti, perekayasa, pengajar, mahasiswa, dan para praktisi lainnya dalam bidang jalan dan jembatan.

Akhir kata, redaktur mengucapkan selamat membaca jurnal terbitan ini.

 

Manajer Jurnal

Daftar Isi

Siegfried Syafier
1-8
Sri Mulyani, Dani Hamdani
9-20
Widi Nugraha
21-33
Greece Maria Lawalata
34-48
Lasino Lasino, N. Retno Setiati, Dany Cahyadi
49-63